Jumat, 13 September 2019

Tehnik Menyetel Rantai Jam - Bracelet Adjusting Instruction

Beberapa orang termasuk saya pernah salah dalam hal menyetel rantai jam sehingga menjadi kurang nyaman ketika dipakai. Terasa berat, cenderung miring dan sebagainya.


Photo 1
Walaupun posisi jam tangan sama-sama terlihat pas, dengan posisi buckle/clasp berbeda, tingkat kenyamanan yang didapatkanpun akan berbeda.
Posisi buckle yang benar adalah pas atau mendekati tengah-tengah pergelangan tangan kita. Karena panjang link dan/atau besar pergelangan masing-masing orang berbeda, posisi ternyamannya bisa didapat dengan menggeser ujung rantai ke kiri/kanan, antar lubang yang ada di buckle/clasp.
 

Photo 2
Bagian rantai yang bisa kita sebut dengan 'supporting buckle' inilah yang mengunci posisi rantai ketika jam tangan kita pakai. Bentuk dan dimensinya didesain sehingga berapapun panjang buckle, selama posisinya ada di tengah (sisi dalam) pergelangan tangan maka akan tetap nyaman walaupun posisi buckle (yang kita dapatkan dari penyesuaian ujung rantai ke lubang buckle, point 1) tidak benar-benar pas di tengah.



Photo 3
Berdasarkan contoh kasus di photo 1, maka untuk mendapatkan posisi yang tepat, perlu dilakukan pemindahan link, bisa 1 atau lebih, dari sisi bawah kepala jam tangan ke sisi atasnya.
Beruntunglah jika jam tangan Seiko anda menggunakan sambungan link seperti jenis ke-2 (di photo terakhir), karena cukup dengan menggunakan peniti, bongkar pasang link bisa dilakukan dengan mudah.



Photo 4
Menunjukkan komposisi sebelum & setelah 2 link dipindahkan, Sebelum dipindah, komposisinya terlihat lebih seimbang, lebih sama panjang antara sisi 1 dan lainnya. Sedangkan komposisi yang tepat terlihat berat sebelah.

Cara tersebut di atas bukan dari buku, melainkan saya dapatkan ilmunya dari pak Sumaji, mekanik senior di Seiko Plaza Senayan, Jakarta, Indonesia.



Selamat mencoba dan dapatkan pengalaman memakai jam tangan dengan tali rantai yang lebih nyaman dari sebelum-sebelumnya, insyaa Allah.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar