Rabu, 30 Januari 2013

Pernak Pernik Pentax

Setelah beberapa kali ganti merek kamera, baik itu kamera film 35mm, beberapa kamera saku dan DSLR, timbul ketertarikan kepada merek ini.
Ya, Pentax yang dulu pernah saya idamkan untuk sebuah merek kamera.

Mungkin bagi sebagian besar orang kebanyakan, Pentax masih asing. Bahkan saya sendiri juga baru mengetahui bahwa ternyata ini pabrikan asal Jepang :)

Sulitnya (setidaknya menurut saya) mencari perlengkapan seperti lensa dan lainnya menjadi keasyikan tersendiri.

Belum banyak yang bisa di 'share'...



Pentax A3000 35mm SLR (SOLD)


Diproduksi mulai tahun 1984, merupakan kamera SLR pertama produksi Pentax yang memiliki fitur auto-winder. Serba otomatis, mode 'manual' tidak tersedia. Dioperasikan dengan 2 baterai 'AA'. 




Disain bodi nya mungkin sedikit terlihat kaku dan tidak proporsional, tetapi kamera ini sangat nyaman digenggaman.




Vivitar 28mm f/2.8 Wide Angle Macro Pentax K (PK) Mount (SOLD)




Lensa manual focus dengan auto apperture buatan Korea (Samyang?). Dengan ring filter 52mm lensa Wide Angle dengan fitur macro 1:6 ini cukup serasi dan terasa pas ketika di pasang di K-5. Hasilnya gambar yang dihasilkan pun bagus dan tajam, dibawah ini contoh hasil tanpa proses editing kecuali hanya pengecilan.






SMC Pentax DA 40mm f/2.8 Limited




Selain terlihat lucu dengan hood terpasang, lensa ini tergolong unik, kita bisa memasang antara 2 filter, bisa 49mm atau 30.50mm (di hood). Tebalnya 15mm dan beratnya hanya 90 gram.



Dilengkapi dengan fitur quick-shift, yaitu pada saat kamera sedang dalam mode auto-focus, dan kita mau merubah ke manual focus kita dapat langsung memutar ring focus-nya tanpa harus merubah setelan pada kamera. Sangat berguna pada kondisi kurang cahaya, atau saat memotret makro.





SMC Pentax DA 40mm f/2.8 XS Silver (SOLD)



Lensa auto-focus yang tebalnya hanya 9.2mm ini, paling tipis di jajaran lensa Pentax (bahkan dari lensa-lensa pancake lainnya), di desain oleh Marc Newsom. Merupakan pengembangan dari SMC DA 40mm f/2.8 Limited. Ukuran filternya juga tergolong aneh, 27mm. Konstruksinya aluminium dan bobotnya hanya 52 gram! Lebih mirip body cap daripada sebuah lensa...


SMC Pentax FA 43mm f/1.9 Limited Silver




Salah satu lensa auto-focus legendaris Pentax, baik dari sisi desain maupun kwalitasnya yang mumpuni. Kata 'Limited' menunjukkan kwalitas konstruksi & optik yang di atas rata-rata, alias super.
Data fisik: tebal 27mm, berat 155 gram, diameter filter 49mm.





Pentax SMC-M 50mm F/1.7


Salah satu lensa wajib. Diproduksi dari tahun 1977-1984 (discontinued). Harganya nggak sebanding dengan kwalitas fisik dan gambar yang dihasilkan.



Bodinya sangat kokoh, fisiknya kecil (panjang 3.10 cm, bobot 185 gram, diameter filter 49mm), kwalitas gambar yg dihasilkan sangat bagus, terlalu bagus dan harganyapun tergolong sangat murah. 



Contoh hasil photo pada posisi openwide (f1.7), proses editing hanya crop & resize



Photo2 Pentax Jupiter 10x20MCF di bawah diambil menggunakan lensa manual ini.

MC Volna Wave-1 50mm F/1.8 Pentax K/PK Mount


Diproduksi di Uni Soviet oleh LOMO (1979-1986 dan diproduksi lagi secara terpisah dalam jumlah sedikit di tahun 1993), merupakan lensa kit untuk kamera Almaz-103 (mirip Nikon F2 dengan Pentax K Mount, konon dibuat hanya 9,508 unit).



Sudah memiliki fitur multi-coating, MC Волна 50mm f/1.8 memiliki diameter filter yang cukup unik, 46mm.


Волна dalam bahasa Rusia berarti gelombang.

Contoh hasil photo pada bukaan f1.8, obyeknya adalah Schuco Mercedes Benz 200 w123 skala 1/66.



Kiko (Brazil) Corgi Junior Land Rover (Skala 1:64)


Sumber: dari sini dan dari sana


SMC Pentax-A 35-70mm f/3.5-4.5 (SOLD)




Lensa zoom yang cukup mungil. Ada fitur makro, diameter filter 49mm.




dibawah ini contoh hasil (FL: 52mm, F/8, ISO 800) tanpa proses editing kecuali hanya pengecilan...





Pentax AF 200T (SOLD)


Dapat dioperasikan dengan 4 baterai AA. Terus terang flash ini belum pernah saya coba.





Pentax Jupiter 10x20MCF

Kekeran imut ini bisa dikantongin, pas buat dibawa jalan-jalan atau sekedar buat lucu-lucuan.





Multi-Coated dan menggunakan prisma kwalitas tinggi BaK4.



Takara Pentax Collection

Satu set terdiri dari Pentax MX, K5 & K7 dengan variasi warna hitam dan hitam kombinasi silver, masing-masing beserta lensa SMC DA 15-55mm F3.5-5.6 AL WR, DA 70mm F2.4 Limited Silver & SMC Pentax-M 40mm F2.8.





Dibuat oleh produsen mainan asal Jepang, Tomy Takara. Berbahan plastik dengan skala 1:3 'kamera-kamera' imut ini bisa dijadikan hiasan sekaligus penutup 'hot-shoe flash'. Bisa juga dijadikan gantungan kunci atau sekedar dipajang di lemari kaca. Bisa gonta-ganti lensa sesuai selera..



Camera Strap

Tali kamera sangat mempengaruhi tampilan kamera saat digunakan, begitu juga akan mempengaruhi penampilan sang fotografer itu sendiri.



 







Tas Kamera

Berbahan kanvas dan bentuknya bagus. Kekurangannya tidak terdapat sekat yang memadai untuk menyimpan kamera dan lensa. Lensa (ukuran kecil) dapat disimpan di 2 kantong kecil yang terletak di bagian luar depan. Tali selempangnya tergolong pendek.




1 komentar:

  1. Mas..kalo lensa:

    > SMC Pentax FA 43mm f/1.9 Limited Silver
    > Pentax SMC-M 50mm F/1.7

    mau dijual ga ya? kalo dijual minta harga dari masing" lensa tsb dong..

    BalasHapus