Rabu, 05 Juni 2019

[Tools] Wenger Minathor - Lapita Club Edition

Wenger Minathor atau Micro Technician atau Micro Tool Chest 



Sebuah multi tool dari Swiss yang dilengkapi peralatan tukang jam merek Bergeon.
Minathor, dieja min-at-hor (minatelier du horloger yang artinya 'bengkel jam kecil-kecilan') ini layak dimiliki pecinta jam tangan karena memiliki beberapa peralatan dasar untuk 'ngoprek' jam tangan.
Ada mata obeng kecil (+/-), alat bantu buka springbar, kikir kecil yang semuanya bisa dibongkar pasang di driver yang bisa dilepas dari bodi utamanya.

Edisi kolaborasi dengan Lapita Club (produsen aksesoris jam tangan berbahan kulit) ini menggunakan casing/scale warna hitam lengkap dengan pouch exclusive berbahan kulit.




Berikut ini daftar alat yang tersedia:

A. Pisau (large blade)
B. Pisau Pembuka casing/bezel jam tangan (watch case opener)
C. Lup (Magnifier/loupe) dikombinasikan dengan D. Pembuka springbar (springbar opener) dan E. Penggaris skala milimeter. Kombinasi 3 fungsi ini hanya ada di seri Minathor.





F. Obeng minus kecil dikombinasikan dengan G. kikir metal kecil

H. Pembuka tutup botol gabus/kecap.

I. Awl (alat untuk membuat lubang)

J. Obeng minus besar (Patented Safety Lock Screwdriver, sebuah sistem penguncian milik Wenger untuk penggunaan obeng, anti meleset) dikombinasikan dengan K. Pembuka tutup botol dan L. Alat pembengkok kawat.

M. Oil Pick, atau tusuk gigi, sebagai alat bantu untuk mengambil oli mesin

N. Tweezer, pinset yang sekaligus berfungsi untuk mengambil toolkit Bergeon di bawah ini:

O. Bergeon Driver/Tool Handle atau Minathor Tool Holder seri 1550-0, persamaannya adalah Bergeon Pin Holder 6744-PG. Alat yang sama dengan part number yang berbeda. Yaitu alat yang matanya bisa diganti-ganti dengan Toolkit di bawah.

P. Bergeon Watchmaker Toolkit case, tempat alat-alat yang bisa menampung sampai dengan 14 alat-alat berikut ini, dan formasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan:


price list from 2008 Jules Borel & Co. Catalog



1/2. Pendorong/pin-punch bit 0.8mm & 1.2mm [*]

3. Reamer, alat untuk memperbesar lubang

4. Pembuka springbar model garpu (fork)

5/6. Mata obeng minus (Screwdriver Blades) 1.2mm & 0.8mm [**]

7. Kikir metal bulat (Round Needle File), eksklusif untuk seri Minathor.

8. Mata obeng Phillips 1.5mm [***]





Dari pabriknya sudah ada 10 jenis alat, 2 panjang (Reamer & Kikir bulat, masing-masing memakan tempat 2 slot) & 6 pendek (obeng minus, plus, fork & pin-punch).

4 slot dibiarkan kosong dan bisa di isi dengan membeli alat lain yang dijual terpisah.





[*] Pin-Punch Bit dari Bergeon yang kompatibel dengan Minathor, berguna untuk alat bantu potong/sambung rantai, atau untuk mendorong springbar pada casing jam tangan dengan lubang lug yang tembus sampai sisi luar (di Seiko ukuran yang umum dipakai adalah 0.8mm untuk seri non-diver dan 1.1mm untuk jam diver), ukuran yang tersedia:

0.4mm, 0.6mm, 0.7mm, 0.8mm, 0.9mm, 1.0mm, 1.1mm, 1.2mm, 1.4mm, 1.5mm, 2.0mm

[**] Screwdriver Blades0.8mm, 1.0mm, 1.2mm, 1.5mm, 2.0mm

[***] Phillips Blades1.5mm, 2.0mm




Dengan berbagai ukuran mata obeng kecil yang tersedia multi-tool ini juga cocok buat teknisi peralatan mikro. Mungkin itulah mengapa pada awalnya dinamakan MicroTechnician.

Bagaimana dengan harganya?
Sayangnya produksi Minathor sudah dihentikan alias diskontinyu. Seperti terlihat di katalog di atas JBorel mematok USD 117.50 di tahun 2008.
Saya membuat kalkulasi dengan perbandingan beberapa tool Bergeon yang di Minathor juga ada, sekaligus penambahan 'tool bits' lengkap yang kompatibel dan dijual terpisah.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar